Mon. Mar 1st, 2021

Kemenkumham Kalsel, Dirikan Posko dan Terjun Bantu Korban Banjir

3 min read
Bagikan Berita

1,872 total views, 4 views today

Tajukreportase.com – Kalimantan Selatan – Banjarmasin, bencana alam berupa banjir yang melanda daerah Kalimantan Selatan dalam beberapa hari ini merupakan bencana banjir terparah yang pernah tercatat, total sebanyak 10 Kabupaten/Kota yang terdampak diantaranya Kabupaten Tapin, Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Kota Banjarmasin, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong, Kabupataen Hulu Sungai Selatan, dan Kabupaten Batola yang mengakibatkan kerugian dan korban jiwa.

Selasa (19/01/2021), jajaran pegawai Kanwil Kemenkumham Kalsel menyatukan gerakannya, untuk terus saling membantu dengan cara mendirikan Posko Bantuan Korban Banjir, di halaman Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel.

Melalui posko yang dibentuk, Tim Kanwil Kemenkumham Kalsel menampung donasi yang disampaikan oleh jajaran internal Kantor Wilayah dan eksternal. Donasi yang diterima, berupa uang dan barang untuk disalurkan kepada masyarakat yang terdampak.

Selain mendirikan posko, Kepala Kantor Wilayah beserta jajaran Kepala Divisi terjun langsung ke lokasi bencana, yang bertitik di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar serta Kelurahan Handil Bakti Kabupaten Batola, untuk memberikan bantuan langsung berupa logistik kebutuhan pokok, kepada masyarakat dan jajaran Kanwil Kemenkumham Kalsel yang terdampak banjir.

Kegiatan penyaluran bantuan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Tejo Harwanto didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi Edy M.S. Hidayat, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Ngatirah dan Pejabat Administrator serta Pengawas Kantor Wilayah yang ikut terjun ke lokasi, rombongan disambut dan dibantu oleh Camat Sungai Tabuk, Ahmad Rabani dan Kepala Polsek Sungai Tabuk, Iptu Siswadi.

Kakanwil Tejo Harwanto menyampaikan, “Hari ini saya bersama jajaran Kanwil Kemenkumham Kalsel membagikan bantuan berupa sembako untuk korban banjir yang ada di berbagai titik, di antaranya Kecamatan Sungai Tabuk dan Kelurahan Handil Bakti, semoga apa yang kita lakukan bisa meringankan beban saudara kita yang tertimpa musibah,” ujarnya.

Dalam pertemuan ini, dirinya menyampaikan keprihatinannya terhadap bencana yang melanda Kalsel dan berkoordinasi dengan Pemerintah setempat, untuk ikut berpartisipasi memberikan bantuan dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, melalui Kantor Wilayah.

Salah satu lokasi bantuan yang dikirimkan yakni di lokasi Kecamatan Sungai Tabuk, tepatnya di daerah Sungai Tabuk Keramat, dimana Posko induk menampung hampir 9.000 jiwa dan masih terdapat beberapa tempat yang belum terjangkau, dikarenakan akses jalan yang terendam banjir. Dilokasi ini, Kakanwil beserta rombongan menyisir lokasi banjir dengan menaiki perahu milik warga dan membagikan secara langsung, bantuan untuk masyarakat yang masih terjebak dan tinggal di rumah masing-masing.

Tejo Harwanto juga menyampaikan, ucapan terima kasih atas kepedulian jajaran Kemenkumham di luar Kalimantan Selatan yang telah turut memberikan donasi, untuk disampaikan kepada korban Banjir di Kalsel, di antaranya dari para Pimpinan Tinggi Madya di Jakarta. Hal ini sebagai bukti bahwa Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM, hadir ditengah masyarakat, terutama yang sangat memerlukan uluran tangan melalui komitmen Kumham Peduli, Kumham Berbagi.

Selain itu, Posko yang berada dikantor wilayah juga akan mendistribusikan sembako bagi masyarakat yang terdampak banjir disekitar lokasi Kantor. Penyaluran bantuan akan didistribusikan mulai hari Selasa, serta siap menampung sumbangan dari masyarakat yang ingin ikut membantu para korban banjir.

Titik kedua lokasi bencana yang diberikan bantuan yakni Desa Semangat Dalam Handil Bakti, Kabupaten Batola yang terdampak cukup parah dengan genangan air setinggi lutut orang dewasa. Titik kedua ini dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Administrasi, Edy M.S. Hidayat dan pendistribusian bantuan diberikan langsung kepada warga yang terdampak banjir.

Kepala Divisi Administrasi juga menyampaikan tanggapannya saat mengunjungi korban banjir di Kelurahan Handil Bakti, “kondisi ketinggian air di daerah Handil Bakti juga memprihatinkan, dimana terdapat empat ratus rumah yang tergenang banjir sehingga mengharuskan warga mengungsi ditempat yang tidak tergenang banjir, khususnya di Posko-posko yang didirikan oleh para relawan,” ucapnya disela memberikan bantuan langsung kepada warga.

 

 

 

Editor : hy/bs/hm

Publish : hm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =